Tuesday 21 March 2017

Cyber Law - Evolusi Telematika

Dinamika Teknologi Informasi dan Kontitusi  

(Evolusi Telematika)

    Pada pembahasan sebelumnya kita sudah membicarakan soal hukum yang berbanding lurus dengan dinamika peradaban manusia itu sendiri. Mengapa? Karena memang sistem hukum yang berkembang merupakan refleksi dari dinamika peradaban manusia itu sendiri. Sehingga kalau yang dia ketahui barangnya adalah tanah dan bukan tanah, maka yang berlaku adalah hukum agraria. Kalau dia membicarakan hasil intelektualnya maka yang berkembang adalah hak atas kekayaan intelektualnya. Hal itu tadi sudah kita bicarakan dalam pembahasan tentang evolusi hukum dan peradaban manusia dari era masyarakat yang menjunjung hukum imba, sampai dengan kepada hukum yang sekarang, hukum terhadap informasi dan komunikasi. Saya mengemukakan istilah ini lebih tepatnya adalah Hukum Telematika, yaitu konvergensi dari telekomunikasi, media, dan informatika. Mari kita bahas lebih lanjut tentang evolusi telematika itu sendiri yaitu bagaimana dinamika perkembangan teknologi telekomunikasi, teknologi media, dan juga teknologi informatika.

       Saudara sekalian, jangan dilupakan, pada saat kita bicara soal telekomunikasi, itu awalnya kan dimulai dari penggunaan signal asap dalam berkomunikasi. Lalu berkembangnya digital sekarang kita sudah sehari-hari menggunakan perangkat telekomunikasi seperti handphone yang sudah juga berkembang di dalamnya teknologi digital. Sehingga komputasi dan komunikasi seakan-akan sekarang berada dalam satu genggaman. Kita melihat adanya kalkulator, adanya pengambilan gambar, adanya pengolahan kata, intinya komputasi dan komunikasi semakin berkembang menyatu. Demikian pula terjadinya media. Media kalau kita ketahui awalnya kan dari penggunaan media-media yang menyimpan informasi dalam bentuk kertas, awalnya sih daun, kemudian jadi kertas, lalu berkembang lagi sekarang kepada sistem elektronik yang berbasiskan digital.
        Lalu juga kita lihat pengolahan informatika yaitu teknologi informasi atau komputasi. Awalnya dari penggunaan batu-batu untuk menghitung, lalu berkembang sempoa, berkembang lagi sistem komputer yang masih berbasiskan analog, lalu berkembang lagi dengan digital sehingga sistem komputasi tadi dan sistem komunikasi tersatukan dengan eranya digital tersebut. Dulu mungkin Pemirsa masih ingat, awal-awalnya komputer itu masih warna hijau, pengolahannya masih tekstual, angka, enggak ada grafisnya. Tapi begitu dia menjadi grafis, maka seakan-akan lahirlah suatu ruang baru yang disebut cyberspace. Kita akan bicarakan itu nanti di dalam perkembangan apakah benar ada real space-nya di situ, lalu bagaimana hukum terhadap cyberspace-nya.
        Evolusi terhadap telematika ini kalau kita cermati, sebenarnya akan mengakibatkan konvergensi telekomunikasi, media, dan informatika, menjadi satu sistem penyelenggaraan yang disebut, orang mengatakan sistem elektronik. Ada lagi yang menyatakan bahwa ini adalah sistem komunikasi berbasiskan elektronik. Nanti ke depannya mungkin nanti elektronik berubah lagi menjadi potonik. Tapi intinya adalah konvergensi teknologi, informasi, media, dan komunikasi tersatukan dan kemudian menjadi suatu perkembangan peradaban baru dimana informasi dan komunikasi mempunyai nilai-nilai yang lebih dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak hanya competitive advantage, tapi juga bahkan menyentuh pada kehidupan privasi kita, keluarga kita, dan juga pemanfaatannya dalam perilaku kehidupan bermasyarakat.
      Kata kunci dari evolusi telematika, berpadunya konvergensi teknologi tadi, dan jangan dilupakan, sistem komputasi yang semula sangat centralized, dulu kita lihat komputer itu besar-besar, kemudian menjadi mengecil, nama paradigmanya adalah down-sizing. Berkembang dari mainframe, midrange, sampai kepada ternyata cukup networking kecil bisa men-service sekian banyak user. Dulu komputer itu bersifat dummy, yang kita pegang ini prosesornya tidak di sini, tapi di mainframe-nya, kemudian sekarang downsizing, artinya kita sendiri sudah punya komputer, ada CPU di sini dan datanya dipertukarkan. Awalnya ini disebut client, kemudian yang per-service-nya disebut server. Komputer ini dari down-sizing, dari centralized, distributed, kemudian menjadi internet, lalu ditambah lagi dengan kemampuan mobile. 
      Sehingga sekarang mobile communication hampir sama dengan computing. Lalu berkembang lagi menjadi cloud computing. Apa yang paling mudah kita lihat sehari-hari? Anda tentu mempunyai email address bukan? Alamat email tadi berada pada mailbox provider. Katakanlah Yahoo, Google, dan sebagainya. Apa yang Anda lakukan? Data Anda, Anda taruh di sana, kemudian dengan sistem elektronik, baik sistem informasi dan komunikasinya, Anda jemput data itu di server itu. Fenomena itu adalah cloud computing. Mereka memegang big data dari penggunanya. Hal ini akan kita bahas lebih lanjut lagi dalam perspektif bagaimana teknologi telekomunikasi, media, dan informatika ini dalam konteks perubahan komunikasi perilaku masyarakatnya, komunikasi massa, dan penggunaannya. Karena pada saat berpadunya konvergensi itu atau berpadunya perkembangan telekomunikasi, media, dan informatika, seakan-akan menjadi blur batasan yang mana private communication, yang mana mass communication. Campur aduk, sehingga hal-hal yang berbau pengumuman dilakukan oleh semua orang. Mungkin dia tidak tersadarkan bahwa apa yang dia sampaikan informasinya itu sekarang menjadi pengumuman. Nanti kita bahas dalam evolusi terkait komunikasi massanya.  

Semoga Bermanfaat ... bersambung




No comments:

Post a Comment

MATERI PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEMESTER 1 PERTEMUAN KAMIS, 19 DESEMBER 2018

TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Silahkan cari/browsing di internet jurnal nasional atau internasional yang berhubungan...